'Alex Ferguson dan Ole Gunnar Solskjaer Sama Sekali Tak Bisa Dibandingkan'

‘Alex Ferguson dan Ole Gunnar Solskjaer Sama Sekali Tak Bisa Dibandingkan’

Bola. net porakporanda Joko Susilo ambil bicara soal banyaknya pihak yang membanding-bandingkan sosok manajer Manchester United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer, dengan mentornya, Sir Alex Ferguson. Pelatih berlisensi AFC Pro ini menilai Ole dan Ferguson sebanding sekali tak bisa dibandingkan.

“Mereka sesuai sekali tidak bisa dibandingkan. Benar berbeda, ” kata Joko, di dalam Bola. net .

“Setiap era menghadirkan tantangan yang berbeda. Sekarang situasinya berbeda, ” berlanjut pria, dengan tesis kelulusan AFC Pro tentang analisis kekuatan Manchester United di tangan Solskjaer, tersebut.

Menurut Joko, Solskjaer memiliki tantangan yang jauh berbeda dari Ferguson. Pasalnya, pelatih yang kini berusia 47 tahun tersebut masih belum memiliki keleluasaan dalam membangun tim. Ia masih harus banyak beradaptasi dengan kondisi skuad yang tersedia.

“Banyak hal yang harus dilakukan Ole saat ini. Ini berbeda secara Ferguson. Ibaratnya, ini masih sikap awal baginya, ” tutur Joko, yang merupakan mantan Asisten Pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Tujuh tahun awut-awutan, tepatnya 8 Mei 2013, Manchester United memasuki masa baru setelah Sir Alex Ferguson memutuskan bakal pensiun pada akhir musim. Maklum, selama 26 tahun menjadi nakhoda di tim tersebut, manajer pokok Skotlandia ini menjadi sangat identik dengan United.

Bersama United, Fergie sukses meraih 38 trofi, termasuk 13 gelar juara Liga Inggris, dua Liga Champions, dan 1 FIFA World Club Championship. Prestasi tersebut menjadikan pria yang sekarang berusia 78 tahun ini menjadi manajer tersukses di Inggris.

Sepeninggal Fergie, tersedia sejumlah manajer yang sempat menjajal peruntungan di United. Setelah David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho sempat berlabuh pada Setan Merah. Namun, tak tersedia satu pun dari mereka bisa menapaki sukses Ferguson. Terakhir, salah seorang murid Ferguson, Ole Gunnar Solskjaer, dipatenkan sebagai manajer United.

Tahun pertama menakhodai United, Ole lulus membawa klub ini finis di peringkat enam. Sementara, pada musim ini, Ole sementara membawa United berada di peringkat lima klasemen sementara.

Banyak yang membandingkan era Ole saat ini dengan era kepemimpinan Ferguson. Salah satu penyebabnya, Ole adalah salah satu murid terbaik Ferguson.

Simak artikel selengkapnya pada bawah ini.